Unsur budaya Bali

Bali

Kepercayaan            : Hindu 95% ; islam : katholik ; budha ; kristen; kong hu cu dll 5%

  perlengkapan hidup     : Ayam betutu , Babi guling, Bandot Be Kokak Mekuah . Be Pasih mesambel matah, Bebek betutu Berengkes ,Grangasem , Jejeruk , Jukut Urab,Komoh,Lawar,Nasi Bubuh,Nasi Tepeng,Penyon,Sate Kablet,Sate Babi Guling,Sate Lilit,Sate pentul,Sate penyu,Sate Tusuk,Timbungan,Tum,Urutan Tabanan, Rujak Bulung Rujak Kuah Pindang ,  Rujak Manis,  Rujak Tibah ,Salak Bali

mata pencaharian       : bercocok tanam, pertenakan terutama sapi dan babi sebagai usaha penting dalam masyarakat pedesaan di Bali, baik perikanan darat maupun laut yang merupakan mata pecaharian sambilan,

pengetahuan            :Banjar atau bisa disebut sebagai desa adalah suatu bentuk kesatuan-kesatuan sosial yang didasarkan atas kesatuan wilayah. Kesatuan social tersebut diperkuat oleh kesatuan adat dan upacara keagamaan. Banjar dikepalahi oleh klian banjar yang bertugas sebagai menyangkut segala urusan dalam lapangan kehidupan sosial dan keagamaan,tetapi sering kali juga harus memecahkan soal-soal yang mencakup hukum adat tanah, dan hal-hal yang sifatnya administrasi pemerintahan.       

kekerabatan            : adat virilokal adalah adat yang membenarkan pengantin baru menetap disekitar pusat kediaman kaum kerabat suami,dan adat neolokal adalah adat yang menentukan pengantin baru tinggal sendiri ditempat kediaman yang baru. Di Bali ada 3 kelompok klen utama (triwangsa) yaitu: Brahmana sebagai pemimpin upacara, Ksatria yaitu : kelompok-klompok khusus seperti arya Kepakisan dan Jaba yaitu sebagai pemimpin keagamaan.    

kesenian               :
a.        Tarian wali : Sang Hyang Dedari , Sang Hyang Jaran ,Tari Rejang ,   Tari Bari , Tarian bebali
b.       Tari Topeng : Gambuh
c.       Tarian balih-balihan
Tari Legong ,   Arja ,  Joged Bumbung , Drama Gong , Barong , Tari Pendet    Tari Kecak Calon Arang Tari Janger

bahasa                 :bahasa Bali dan bahasa Indonesia. Bahasa Bali di bagi menjadi 2 yaitu, bahasa Aga yaitu bahasa Bali yang pengucapannya lebih kasar, dan bahasa Bali Mojopahit.yaitu bahasa yang pengucapannya lebih halus.   

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar